SIA & SIO Pile Auger
Cindy
1 day ago

SIA & SIO Pile Auger

SIA & SIO Pile Auger

Gambar SIA & SIO Pile Auger

ontinuous Flight Auger (CFA) sebagai salah satu alat berat yang ditawarkan dalam melakukan pembangunan sebuah bangunan. Terutama alat ini berperan besar dalam pembentukan pondasi suatu bangunan. Berbasis teknik auger cast piling, yaitu pembuatan pondasi beton dalam, ditanamkan masuk ke tanah melalui pengeboran.

Pondasi merupakan bagian terpenting pada bangunan sebagai bentuk penyokong keseluruhan bebannya. Perhitungan serta pembuatan yang kurang matang mampu berdampak buruk bagi bangunan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Terlebih ketika terdapat tambahan beban atau terdapat pergerakan lempeng. Berpotensi menyebabkan kerusakan fatal pada bangunan.

Salah satu jenis pondasi adalah pondasi dalam. Bentuknya bisa beragam ada yang berupa tiang pancang maupun bored pile. Bored pile membutuhkan proses pembuatan lubang terlebih dahulu, kemudian diperkuat dengan rangka besi hingga akhirnya pengecoran dilakukan. CFA memiliki peran penting dalam pembuatan jenis bored pile ini.

CFA. Telah digunakan di United Kingdom (UK) sejak tahun 1966, meskipun baru – baru ini digunakan secara luas di United States, penggunaan peralatan berat ini tetap menjadi unggulan. Terutama dalam menghindari kebisingan.

Kini peralatan berat CFA merupakan alat yang paling sering digunakan. Terlebih karena getarannya cukup rendah, sehingga sangat cocok untuk lingkungan sensitif maupun lembut atau mengandung air. Dapat dipasang secara individu maupun secara kelompok, seperti ketika melakukan pembangunan terhadap jembatan maupun bangunan besar.

Peralatan berat ini memiliki cara kerja seperti layaknya mur. Bentuknya yang berupa heliks secara alamiah mampu mengangkat galian menuju permukaan melalui gerakan memutarnya. Setelah terbentuk lubang hasil ekstraksi tersebut, diisilah beton ke dalamnya, sambil bornya perlahan – lahan diangkat. Untuk memperkuatnya juga dimasukkan rangkaian baja.