Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK)
Cindy
1 day ago

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK)

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK)

Gambar Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK)

ertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) adalah pertolongan dan perawatan sementara yang dilakukan kepada korban kecelakaan di tempat kerja menggunakan peralatan sederhana sebelum korban mendapatkan pertolongan yang sempurna. Meski hanya menggunakan peralatan sederhana, P3K bisa menjadi salah satu solusi untuk memberi pertolongan secara cepat dan tepat.

Meski pertolongan pertama bukanlah penanganan yang sempurna, tapi dengan adanya P3K di tempat kerja akan memiliki banyak manfaat dalam mencegah keparahan cidera, mengurangi penderitaan dan bahkan menyelamatkan nyawa korban. Jika tindakan P3K tidak dilakukan saat terjadi kecelakaan di tempat kerja, akibatnya dapat memperburuk keadaan korban bahkan menimbulkan kematian.

Kecelakaan dalam pekerjaan memang bukan sesuatu yang diinginkan oleh siapapun, termasuk pekerja. Meski demikian, perusahaan wajib menyediakan berbagai sarana prasarana untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di tempat kerja.

Bagi perusahaan yang peduli dengan keselamatan dan kesehatan pekerjanya, menyediakan fasilitas dan petugas P3K merupakan kewajiban yang pasti ada. Dengan adanya fasilitas dan petugas P3K maka perusahaan dapat mengurangi berbagai konsekuensi yang ditimbulkan akibat kecelakaan kerja.

 

Fasilitas Pertolongan Pertama Pada Kecelekaan di Tempat Kerja :

1. Ruang P3K

2. Lemari atau Kotak P3K dan isinya

3. Alat Evakuasi dan Transportasi

4. Petugas P3K

5. Fasilitas Tambahan

Prinsip Dasar Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan :

  1. Pastikan Anda bukan menjadi korban berikutnya.
  2.  Pakailah metode pertolongan yang cepat, mudah dan efesien.
  3.  Catat semua usaha pertolongan yang telah dilakukan.