Lingkungan Kerja
Cindy
1 day ago

Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja adalah segala sesuatu yang terjadi di sekitar tempat kerja seseorang, termasuk faktor-faktor fisik, sosial, dan organisasi yang mempengaruhi orang yang bekerja di sana. Lingkungan kerja yang baik dapat membantu meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kesejahteraan karyawan, sementara lingkungan kerja yang buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan, kelelahan, dan stres.

Untuk memperbaiki lingkungan kerja, perusahaan dapat melakukan berbagai tindakan seperti menyediakan peralatan kerja yang aman, memberikan pelatihan keamanan, menciptakan pola komunikasi yang terbuka, dan menyediakan fasilitas-fasilitas yang membantu karyawan merasa nyaman di tempat kerja. Pemerintah juga dapat memberikan regulasi yang membantu menjamin kondisi kerja yang layak bagi para pekerja.

Baca Juga: SKK Konstruksi Pelaksana Konstruksi Bangunan Unit Produksi SPAM Jenjang 7
Lingkungan Kerja

Jenis Lingkungan Kerja

Lingkungan fisik

Lingkungan fisik meliputi semua (benda atau alat, red) yang terdapat di sekitar tempat kerja yang dapat memengaruhi pegawai baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Ada dua kategori yang berada di jenis ini. Berikut di antaranya:

  1. Lingkungan yang langsung berhubungan dengan karyawan. Hal ini bisa berupa ruangan kerja, kursi, meja dan sebagainya.
  2. Lingkungan yang tidak langsung memengaruhi kondisi manusia. Contohnya adalah temperatur, kelembapan, sirkulasi udara, pencahayaan, kebisingan, bau tidak sedap, warna, dan lain-lain.

Lingkungan fisik amat terkait dengan tempat kerja atau aktivitas untuk setiap pegawai. Oleh karena itu, lingkungan fisik memengaruhi semangat dan emosi para karyawan. 

Lingkungan nonfisik

Lingkungan nonfisik adalah semua keadaan yang berkaitan dengan hubungan antarkaryawan. Misalnya, hubungan dengan atasan maupun dengan sesama serta bawahan.

Jika merujuk pada Indeed, elemen yang terkait dengan lingkungan nonfisik ini adalah budaya perusahaan dan kondisi kerja seperti work-life balance hingga gaya hidup sehat.

Lingkungan nonfisik berpengaruh terhadap kondisi perusahaan. Perusahaan dapat menciptakan kondisi yang baik serta mendukung produktivitas orang-orang di dalamnya.

Kriteria:

6.4.1 Perusahaan melakukan penilaian lingkungan kerja untuk mengetahui daerah-daerah yang memerlukan pembatasan ijin masuk.

6.4.2 Terdapat pengendalian atas tempat-tempat dengan pembatasan ijin masuk.

6.4.3 Fasilitas - fasilitas dan layanan yang tersedia di tempat kerja sesuai dengan standar dan pedoman teknis.

6.4.4 Rambu-rambu mengenai keselamatan dan tanda pintu darurat harus dipasang sesuai dengan standar dan pedoman teknis.

 

Interpretasi:

  • Perusahaan mengidentifikasi daerah-daerah mana saja yang beresiko besar/tinggi dan membuat prosedur Ijin Kerja
  • rambu K3 harus terpasang semua diarea kerja seperti: WAJIB PAKAI APD, AWAS BAYAHA, TANDA EMERGENCY EXIT, dll