SIA & SIO Crane On Track
Cindy
1 day ago

SIA & SIO Crane On Track

SIA & SIO Crane On Track

Gambar SIA & SIO Crane On Track

Pengenalan mengenai  SIA (Surat Ijin Alat) merupakan sejenis Sertifikat kelayakan yang diberikan menyangkut ijin pemakaian Alat Angkut dan Alat Angkut kepada sebuah perusahaan. Sedangkan SIO (Surat Ijin Operator) merupakan sejenis Sertifkat yang diberikan menyangkut Ijin Perorangan didalam sebuah perusahaan dalam hal kelayakan mengoperasikan Alat Angkat dan Alat Angkut.

 

Kelayakan suatu alat ditunjang dengan Operator Alat yang sesuai adalah salah satu kriteria yang berkaitan dengan meningkatnya pembangunan melalui jasa konstruksi dan teknologi itu sendiri di perusahaan kontraktor dan perusahaan industri, penggunaan pesawat / Alat Angkat dan Alat Angkut merupakan bagian Integral dalam pelaksanaan dan peningkatan proses pelaksanaan produksi di suatu perusahaan.

Proses pelaksanaan produksi yang dimaksud adalah proses dalam pembuatan, pemasangan, pemakaian, perawatan pesawat / Alat Angkat dan Alat Angkut yang bertujuan untuk mendapatkan sebuah produk sesuai dengan perencanaan.

Untuk urusan Sertifikat Alat SIA dan Juga Sertifikasi Operator Alat Angkat dan Alat Angkut, Pemerintah telah mengeluarkan PER.09/MEN/VII/2010 jo PER.05/MEN/1985, perlu adanya perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja setiap tenaga kerja yang melakukan pembuatan, pemasangan, pemakaian, persyaratan pesawat / Angkat dan pesawat Angkut.

Pada umumnya dikatakan bahwa Pesawat / Alat Angkat dan Alat Angkut adalah suatu peralatan yang sangat digunakan untuk proses perusahaan industri khususnya dalam melakukan pemindahan barang.

Pesawat / Alat Angkat dan Alat Angkut merupakan suatu peralatan teknik yang memiliki tingkat resiko bahaya tinggi, yang bisa memicu terjadinya kecelakaan kerja, bilamana tidak dipelihara, diperhatikan dan ditangani secara baik dan benar.