Apa Pentingnya SIO(Surat Izin Operator)  Bagi Operator?
Cindy
1 day ago

Apa Pentingnya SIO(Surat Izin Operator) Bagi Operator?

Tak hanya kendaraan seperti mobil dan motor yang pengemudinya membutuhkan SIM, namun ada pula Alat berat seperti Excavator, Forklift, Crane dan lainnya yang operatornya membutuhkan surat izin seperti SIM (Surat Izin Mengemudi). Surat Izin yang di peruntukan bagi operator alat berat ini disebut SIO (Surat Izin Operator) yang di keluarkan oleh Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia sebagai kesselamatan dan keamanan kerja. Operator yang telah mendapatkan SIO di jamin layak mengoperasikan alat berat sesuai dengan jenisnya dan diakui oleh perusahaan.

Baca Juga: SKK Konstruksi Pelaksana Konstruksi Bangunan Unit Produksi SPAM Jenjang 7
Apa Pentingnya SIO(Surat Izin Operator)  Bagi Operator?

Apa Pentingnya SIO?

Lalu apa sih manfaatnya SIO ? Manfaatnya yakni sebagai penunjang dalam melamar pekerjaan karena saat ini banyak perusahaan membutuhkan operator alat berat yang telah layak dan tersertifikasi SIO. Manfaat lain yakni dapat di rasakan oleh perusahaan karena dengan adanya SIO maka perusahaan tersebut dapat memenangkan tender dari sebuah proyek dan jika perusahaan tersebut memiliki alat berat dan operatornya jika di sidak oleh pengawas pemerintahan maka di nyatakan legal. Adanya sertifikat ini menunjang keselamatan kerja dan dan meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan kerja.

Pemerintah telah mengatur undang-undang tentang SIO ini pada PER.09/MEN/VII/2010 jo PER.05/MEN/1985. Adanya PER.09/MEN/VII/2010 jo PER.05/MEN/1985 bertujuan untuk adanya perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja setiap tenaga kerja yang melakukan pembuatan, pemasangan, pemakaian, persyaratan pesawat / Angkat dan pesawat Angkut. Selain itu, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan SIO Alat berat ini sebagai syarat melampirkan lamaran pekerjaan.

Masa berlakunya adalah 5 tahun sejak di terbitkan. Jika sudah dalam jangka waktu 5 tahun, maka SIO kemenaker dapat di perpanjang kembali ke lembaga yang mengurus sertifikasi tersebut. Dalam pengurusan SIO Kemenaker yang di dapatkan adalah SIO, Sertifikat dan Buku Kerja. Buku kerja sendiri berguna untuk merekap pekerjaan yang dilakukan oleh operator selama menggunakan alat berat pesawat angkat dan angkut.