Proyek Elevated Rel Joglo Solo Digarap, Ini Titik Rawan Macetnya
Cindy
1 day ago

Proyek Elevated Rel Joglo Solo Digarap, Ini Titik Rawan Macetnya

Proyek Elevated Rel Joglo Solo Digarap, Ini Titik Rawan Macetnya

Gambar Proyek Elevated Rel Joglo Solo Digarap, Ini Titik Rawan Macetnya

Pengerjaan proyek rel layang ganda (elevated) simpang Joglo Kota Solo dijadwalkan berlangsung pada 7 Juni hingga 8 Juli 2022. Selama proses pengerjaan relokasi saluran dan detour track kereta api itu bakal terjadi penyempitan jalan.

Tak hanya itu, selama kurun waktu tersebut juga akan dilakukan penutupan perlintasan utara dan selatan Simpang Joglo secara bergantian. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo telah memetakan titik-titik kemacetan yang akan terjadi selama proses pengerjaan itu berlangsung.

"Prediksi kemacetan di kawasan Ngemplak, Cengklik, dan di titik terdampak lainnya seperti di Viaduk Gilingan," kata Kabid Lalu Lintas Dishub Solo Ari Wibowo saat dihubungi detikJateng, Senin (6/6/2022).

Ari mengatakan, pihaknya memprediksi akan terjadi kepadatan di APILL (traffic light) Banjarsari, di kawasan Balapan, traffic light Terminal Tirtonadi, jembatan keris, dan juga di kawasan Pasar Nusukan.

"Kami imbau kepada masyarakat agar melakukan manajemen waktu perjalanan, karena nanti akan memutar waktu cukup panjang," terangnya.

"Kemudian juga memilih waktu lebih awal, jangan berangkat sekolah atau kerja pas jam sibuk pagi. Dan, pilih rute perjalanan saat ada penutupan perlintasan," pesan Ari.

Selain itu, pihak Kerja Sama Operasi (KSO) PT Wika-Bhakti Karya Utama selaku penyedia jasa akan melakukan penutupan perlintasan kereta api secara bergantian selama pengerjaan proyek di Simpang Joglo tersebut.

"Ada relokasi saluran dan detour track kereta api, akan ada penutupan perlintasan kereta api di sisi utara dan selatan secara bergantian," kata Site Manager PT Wika-BKU KSO, Dendy Purbowo.