Pilar Kereta Cepat Timpa Eskavator Saat Dibongkar, Operator Dipastikan Selamat
Cindy
1 day ago

Pilar Kereta Cepat Timpa Eskavator Saat Dibongkar, Operator Dipastikan Selamat

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) memberikan penjelasan seusai insiden pilar kereta cepat menimpa ekskavator saat dibongkar. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu.

"Kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa. Operator yang menjalankan ekskavator berhasil menyelamatkan diri sesaat sebelum reruntuhan menimpa," ujar Presiden Director PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, dalam keterangannya, Rabu (8/12/2021).

Dwiyana menyebut pembongkaran tersebut dilakukan usai menerima masukan dari tim quality PT KCIC dan konsultan supervisi CDJO. Pasalnya, terdapat temuan pergeseran alignment pekerjaan pilar di DK46, Teluk Jambe, Karawang, yang kemudian menginstruksikan kontraktor untuk melakukan pembongkaran dan dibangun kembali sesuai dengan spesifikasi teknis.

Baca Juga: SKK Konstruksi Pelaksana Konstruksi Bangunan Unit Produksi SPAM Jenjang 7
proyek-kereta-cepat-halim-3_43.jpeg?w=250&q=" alt="Pilar Kereta Cepat Timpa Eskavator Saat Dibongkar, Operator Dipastikan Selamat"/>

Pilar Kereta Cepat Timpa Eskavator Saat Dibongkar, Operator Dipastikan Selamat

"PT KCIC tidak mentolerir adanya kesalahan konstruksi yang melebihi dari toleransi yang dipersyaratkan," jelasnya.

Menurutnya, pembongkaran pilar tersebut sudah ditetapkan aspek keselamatan konstruksi. Namun, dari hasil investigasi, kontraktor melanggar SOP hingga pilar kereta cepat ambruk.

"Betul adanya bahwa saat dilakukan pekerjaan rework pembongkaran pier. Kontraktor lalai dalam melaksanakan SOP sehingga pier menimpa ekskavator yang digunakan. Kami langsung memanggil kontraktor dan memberikan teguran agar semua pekerjaan dilakukan dengan SOP yang sudah ditetapkan oleh Tim Engineering dan SSHE sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi," jelas Dwiyana.

"Tim Konstruksi dan SSHE PT KCIC sedang melakukan investigasi mendalam terkait kejadian tersebut dan berkoordinasi dengan semua pihak yang bekerja pada proyek KCJB agar lebih memperhatikan SOP konstruksi sehingga kejadian serupa tidak terulang. Hasil dari investigasi tersebut akan langsung dilaporkan kepada tim KKJTJ (Komisi Keamanan Jembatan, dan Terowongan Jalan) dan K2K (Komite Keselamatan Konstruksi) Kementerian PUPR," sambungnya.

Dalam video yang beredar, tampak 4 ekskavator mengangkat sebuah pilar. Tak lama pilar itu justru ambruk.

Kemudian, pilar tersebut menimpa salah satu ekskavator. Seketika pilar itu langsung hancur lebur.

Simak video 'Heboh Pilar Proyek Kereta Cepat Ambruk dan Timpa Ekskavator':

[Gambas:Video 20detik]