Menilik Peluang Bisnis Tanpa Modal: Jasa Renovasi Rumah
Cindy
1 day ago

Menilik Peluang Bisnis Tanpa Modal: Jasa Renovasi Rumah

Menilik Peluang Bisnis Tanpa Modal: Jasa Renovasi Rumah

Gambar Menilik Peluang Bisnis Tanpa Modal: Jasa Renovasi Rumah

Bisnis property terus menjamur seolah tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi nasional yang sedang keruh. Berbagai pilihan mulai dari jenis, lokasi, hingga tipe rumah tersedia dengan range harga yang sangat besar. Agar tetap terjangkau oleh pasar, para kontraktor pun memunculkan pilihan jenis rumah tumbuh. Dengan konsep ini, konsumen dimungkinkan untuk memperluas bangunan dalam sisa tanah yang tersedia.

Inilah peluang yang banyak dilirik, namun tidak semuanya tahu bagaimana cara memulainya. Ditemui oleh tim d'Mentor on Location di sela-sela kesibukannya mengawasi pembangunan, Ivana Susanto pemilik usaha @rumah.kontraktor membeberkan dapur usahanya.

Menyasar para pemilik property yang ingin mempercantik rumahnya, Ivana mengaku bahwa usahanya sebagai kontraktor bangunan juga bertujuan untuk membantu mereka yang hanya bisa membangun rumah secara bertahap menyesuaikan budget yang dimiliki.

"Biaya properti tinggi, makanya mereka bangun bertahap, maka saya bilang bisnis renovasi lumayan pontensial karena mereka awalnya berpikir mungkin hanya bangun satu lantai tapi nanti dua tahun kemudian atau beberapa tahun dia punya budget bisa dibangun lagi," ujar Ivana dalam acara d'Mentor on Location, Kamis (5/1/2023).

Untuk menjalankan usaha barunya ini, Ivana menggunakan seluruh pengetahuannya sebagai sarjana teknik sipil serta pengalamannya bekerja di perusahaan kontraktor besar sebelumnya.

Ivana mengakui bahwa pengetahuan bukanlah satu-satunya modal utama. Di sela-sela wawancara, ia mengatakan bahwa usahanya membesar karena system getok tular yang dilakukan oleh para pengguna jasanya. Konsumen pertamanya yang merasa puas atas hasil kerja Ivana serta tim kerjanya pun merekomendasikan @rumah.kontraktor kepada rekan-rekannya yang membutuhkan jasa renovasi rumah.

Tidak hanya itu, Ivana tidak jarang berdiskusi dengan para mantan koleganya saat menemui kesulitan pada proses pengerjaan. Dengan demikian, usaha ini terbuka bagi siapapun yang ingin mencobanya. Ivana menuturkan, asal tahu dasar-dasar pembangunan serta mengenal bahan beserta perkembangan harganya, siapapun mampu memulai usaha serupa.

"Biasanya setelah project selesai, ada temannya lagi yang melihat makanya mereka bertanya. Ya jadi, sebenarnya dari mulut ke mulut karena orang liat ini dibangun sama Ivana, baru menjalar ke mana-mana. (Sekarang) mungkin sudah ada 20-an (klien)," paparnya.

Menariknya, Ivana mengatakan bahwa bisnis jasa konstruksi bisa dimulai tanpa modal. Caranya dengan mendapat kepercayaan dari klien atau pemesan jasa renovasi rumah.

"Emang pada awalnya mungkin karena saya jalan sendiri juga pasti enggak punya modal, pastinya modal otak. Seiring jalannya waktu juga, modal kepercayaan jadi paling penting. Karena kalau orang sudah percaya pasti semua suruh saya kerjain," tutupnya