Vibrating Compactor (Vibrating Roller)
Cindy
1 day ago

Vibrating Compactor (Vibrating Roller)

Vibrating Compactor (Vibrating Roller)

Gambar Vibrating Compactor (Vibrating Roller)

Selama ini hanya dibahas Roller yang pemadatannya hanya dengan beban statis, berikut ini akan diuraikan mengenai roller yang beroperasinya dengan menggetarkan bebannya, sehingga pemadatan tanah menjadi lebih kuat.
Peningkatan besarnya tenaga ini dapat diuraikan seperti berikut ini
Sebuah batu sebesar kepalan tangan, digantung dengan memakai sehelai benang sepanjang ½ m. Benang tadi tidak putus bila atau batu tersebut diputarkan dengan benang tadi sebagai radiusnya, maka akan timbul tegangan pada benang tersebut dan bila putaran ditambah maka benang akan putus.
Putusnya benang tadi disebabkan adanya gaya centrifugal terhadap batu karena diputar. Pada vibrating roller pun ada bandul yang diputar dengan kecepatan tertentu, sehingga beban menjadi meningkat. Bandul penggetar pada vibrating roller, terletak didalam roda silinder.
Yang termasuk vibrating roller ini, ialah roller yang kecil-kecil yang didorong (hand guider roller), biasanya dioperasikan untuk pekerjaan galian jalan atau spot maintenance. Karena ini tidak termasuk alat berat, maka uraian dicukupkan disini saja.
Struktur Vibrating Compactor
Alat berat ini mempunyai bagian-bagian sebagai berikut :
1. Mesin penggerak
2. Roda
3. Sistem hidrolik
4. Rangka (badan)

Penjelasan
1. Mesin penggerak berupa mesin diesel dengan tenaga sekitar 100hp – 180 hp. Karena dilengkapi dengan turbo, maka compactor dapat beroperasi sampai ketinggian 2200 di atas permukaan laut.
2. Roda, terdiri dari roda depan (steel wheel cylinder) sebuah dan roda ban dibelakang sebanyak dua buah.
Roda depan yang berfungsi sebagai pemadat, didalamnya terdapat beban eksentrik yang bila diaktifkan akan menimbulkan beban dinamis kepada roda tersebut. Roda belakang hanya sebagai penopang badan, tidak dapat berbelok, tapi mempunyai tenaga putar dari motor hidrolik.
3. Sistem hidrolik
Sistem yang paling praktis untuk menyalurkan tenaga dari mesin penggerak ke roda-roda yang digerakkan. Disamping itu pada sistem hidrolik tidak ditemukan adanya kemacetan. Yang paling penting dan perlu diperhatikan dalam pemanfaatan sistem ini ialah jangan sampai komponen-komponen sistem bekerja terlalu lama, misalnya dari mulai selesai beroperasi kemarin sampai akan beroperasi lagi keesokan harinya.
4. Rangka ini tempat diletakkannya mesin, roda-roda dan kabin operator.
Kenyamanan tempat operator akan mempengaruhi kinerja peralatan ini.
Menurut pengalaman, belum pernah ada keluhan yang terjadi pada rangka karena beroperasinya peralatan ini.

Pemakaian Vibrating Compactor
Compactor ini dioperasikan untuk pemadatan tanah termasuk diantaranya pemadatan badan jalan. Pada pengoperasaian alat beratu ini di lingkungan pemukiman, perlu kehati-hatian, karena getaran compactor ini dapat membikin dinding rumah susun retak.
Walaupun peralatan ini termasuk alat berat yang bandel, prosedur pengoperasian tetap harus dipatuhi.