SIA Surat Ijin Alat dan SIO Surat Ijin Operator adalah sertifikat kelayakan SMK3
Cindy
1 day ago

SIA Surat Ijin Alat dan SIO Surat Ijin Operator adalah sertifikat kelayakan SMK3

Pengenalan mengenai sertifikat SIA Surat Ijin Alat merupakan sejenis Sertifikat kelayakan termasuk kriteria penilaian smk3 yang diberikan menyangkut Ijin pemakaian Alat angkat angkut kepada sebuah perusahaan, sedangkan SIO Surat Ijin Operator merupakan sejenis Sertifikat yang diberikan menyangkut Ijin perorangan didalam sebuah perusahaan dalam hal kelayakan mengoperasikan Alat angkat angkut.

Kelayakan suatu alat ditunjang dengan operator alat yang sesuai adalah salah satu kriteria SMK3 Sistem Manajemen K3 hal ini sangat berkaitan dengan meningkatnya pembangunan melalui jasa konstruksi dan teknologi itu sendiri dinperusahaan kontraktor dan perusahaan perusahaan industri, penggunaan pesawat / alat angkat dan angkut merupakan bagian integral dalam pelaksanaan dan peningkatan proses pelaksanaan produksi di suatu perusahaan.

Proses pelaksanaan produksi yang dimaksud yaitu proses dalam pembuatan, pemasangan, pemakaian, perawatan pesawat angkat dan angkut yang bertujuan untuk mendapatkan sebuah produk sesuai dengan perencanaan.
Untuk urusan Sertifikat Alat SIA dan juga Sertifikasi Operator Alat angkat angkut pemerintah telah mengeluarkan PER.09/MEN/VII/2010 jo PER.05/MEN/1985 , perlu adanya perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja setiap tenaga kerja yang melakukan pembuatan, pemasangan, pemakaian, persyaratan pesawat angkat dan angkut.

Pada umumnya dikatan bahwa Pesawat / Alat Angkat dan Angkut adalah suatu peralatan yang sangat digunakan untuk proses perusahaan industri khususnya dalam melakukan pemindahan barang.
Pesawat / Alat Angkat dan Angkut merupakan Suatu peralatan teknik yang memiliki tingkat resiko bahaya tinggi, yang bisa memicu terjadinya kecelakaan kerja, bilamana tidak dipelihara, diperhatikan dan ditangani secara baik dan benar.

Baca Juga: SKK Konstruksi Pelaksana Konstruksi Bangunan Unit Produksi SPAM Jenjang 7
SIA Surat Ijin Alat dan SIO Surat Ijin Operator adalah sertifikat kelayakan SMK3

SIA Surat Ijin Alat dan SIO Surat Ijin Operator adalah sertifikat kelayakan SMK3

Perlu diperhatikan agar supaya meminimalkan resiko kecelakaan kerja pada pemakaian pesawat / alat angkat angkut, maka : sebelum pemakaian setiap Pesawat Angkat dan Angkut dan pengaman atau perlengkapannya harus terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan dan pengujian, serta dioperasikan oleh seorang operator yang berkemampuan dan cukup ketrampilannya, untuk pesawat / alat angkat angkut nya perlu dirawat dengan baik dan teratur.

Secara terperinci mengenai sertifikat  SIA da SIO termasuk kriteria penilaian smk3 harus sesuai dengan Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, dan Permennaker No. PER.05/MEN/1985 tentang Pesawat Angkat dan Angkut.
(disebutkan : forklift , backhoe , loaders , truck, excavators, cranes …)

Lisensi Keselamatan dan Kesehatan Kerja disingkat Lisensi K3 adalah kartu tanda kewenangan seorang operator untuk mengoperasikan pesawat angkat dan angkut sesuai dengan jenis dan kualifikasinya atau petugas untuk penanganan pesawat angkat dan angkut.


Secara umum masyarakat lebih mengenalnya dengan SIO yaitu singkatan dari Surat Izin Operator, Sedangkan Surat Izin Alat Berat nya sendiri lebih dikenal dengan SIA.

SIA Surat Ijin Alat dan SIO Surat Ijin Operator adalah sertifikat kelayakan SMK3

PerMen 05-1985 mengatur tentang Pesawat Angkat dan Angkut

……
Per 09 men VII 2010 mengatur tentang Operator dan Petugas Pesawat Angkat dan Angkut

……

Setiap perusahaan kontraktor jasa konstruksi yang menggunakan / memakai alat angkat angkut baik yang dimiliki sendiri atau memakai pihak ketiga dalam melaksanakan pekerjaan, proses pelaksaaan suatu pekerjaan konstruksi, diwajibkan memiliki sertifikat SIA Surat Ijin alat angkat angkut dan wajib pula dalam penggunaan alat angkat angkut tersebut dilaksanakan oleh operator alat angkat angkut yang memiliki setifikat SIO Surat Ijin Operator alat angkat angkut termasuk kriteria penilaian smk3.

Persyaratan ini adalah salah satu kriteria yang dilakukan perusahaan kontraktor jasa konstruksi dan diberikan kepada Konsultan SMK3 Sistem manajemen K3 untuk keperluan Audit SMK3 sesuai PP 50 tahun 2012 . SIA Surat Ijin Alat dan SIO Surat Ijin Operator adalah sertifikat kelayakan SMK3

Sekurang kurangnya , perusahaan kontraktor jasa konstruksi akan menggunakan satu (1) pesawat / alat angkat angkut dalam melaksanakan pekerjaan nya, sebagai contoh pekerjaan persiapan membuka lahan : pada saat pengurugan maka alat yang dipakai adalah salah satunya adalah Dump Truck.