Prosedur Identifikasi Risiko dan Peluang
Cindy
1 day ago

Prosedur Identifikasi Risiko dan Peluang

Prosedur Identifikasi Risiko dan Peluang

Baca Juga: SKK Konstruksi Pelaksana Konstruksi Bangunan Unit Produksi SPAM Jenjang 7
Prosedur Identifikasi Risiko dan Peluang

Identifikasi Risiko dan Peluang

Dalam Standard ISO 9001:2015 Klausul 6.1, Tentang Tindakan yang Ditujukan pada Risiko dan Peluang, kita diminta untuk melakukan identifikasi risiko dan peluang, namun dalam klausul tersebut tidak membahas secara detail atau spesifik mengenai tata cara dalam melakukan identifikasi terhadap risiko dan peluang tersebut.

Kami selaku konsultan ISO akan memberikan panduan singkat melalui artikel ini untuk melakukan identifikasi risiko dan peluang.

Sebelum kita melakukan identifikasi risiko dan peluang, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu definisi dari Risiko dan Peluang itu sendiri, dikutip dari standard ISO 9000:2018, pengertian dari Risiko dan Peluang adalah :

Risiko adalah Dampak dari ketidakpastian untuk mencapai sasaran

Peluang adalah Situasi yang menguntungkan untuk memperoleh hasil yang diinginkan, dapat diambil atau tidak

Baca Juga: Cara Cek Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Konstruksi Online

Tahapan Melakukan Identifikasi Risiko dan Peluang

1.  Identifikasi Proses/ Input

Langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum melakukan identifikasi risiko dan peluang adalah menentukan proses apa yang akan kita identifikasi, proses dapat bersumber dari aktivitas operasional perusahaan, misalnya dalam aktivitas kerja di bagian HRD terdapat beberapa proses seperti: rekrutmen calon karyawan, pelatihan karyawan, pembinaan karyawan, dll

2.  Identifikasi Risiko

Setelah kita menentukan proses apa yang akan kita identifikasi, kita tentukan terdapat kemungkinan risiko apa yang mungkin terjadi pada proses tersebut, uraian risiko yang kita identifikasi ini dapat bersifat kemungkinan (perkiraan) atau sesuatu yang pernah terjadi (pengalaman), sebagai contoh dalam proses rekrutmen calon karyawan terdapat risiko mendapatkan karyawan yang tidak sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan.

Identifikasi Risiko

3.  Identifikasi Dampak Risiko

Setelah kita mengetahui potensi risiko apa yang akan terjadi, kita lakukan analisa dampak apa yang akan terjadi jika risiko tersebut benar-benar terjadi. Misalnya dalam proses rekrutmen karyawan bila kita mendapatkan karyawan yang tidak sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi maka akan berdampak pada kinerja perusahaan yang menurun hingga komplain dari customer.

4.  Penilaian Risiko

Nilai risiko akan sangat menentukan dalam pengambilan tindakan yang ditujukan untuk mengatasi risiko tersebut, untuk itu diperlukan ketelitian dan analisa yang matang untuk menilai suatu risiko. nilai risiko umumnya dibagi menjadi 4 (empat) kategori, yaitu:

Matriks Penilaian Risiko
  • Rendah, Risiko dapat ditoleransi, sebagaimana tindakan pencegahan telah dilakukan dan ditinjau setiap tahun
  • Sedang, Risiko dapat ditoleransi jika tindakan pencegahan telah diterapkan termasuk dengan proses rutin seperti prosedur dan pemeriksaan
  • Tinggi, Risiko ini tidak bisa ditoleransi. Tindak lanjut dan pencegahan harus ditetapkan dan ditinjau minimal setiap 3 (tiga) bulan.
  • Kritikal, Risiko tidak dapat ditoleransi. Rincian tindak lanjut dan tindakan pencegahan harus segera ditetapkan, evaluasi terhadap tindak lanjut yang diambil harus ditinjau setiap bulan.

5.  Identifikasi Peluang

Setelah kita menentukan dan melakukan penilaian risiko, selanjutnya kita lakukan analisa peluang yang dapat kita peroleh dari proses tersebut atau jika risiko berhasil kita kendalikan. Hasil analisa peluang dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan apakah suatu proses tetap kita jalankan dengan risiko yang ada.

6.  Tindak Lanjut

Untuk mencegah agar risiko yang dianalisa tidak terjadi, maka diperlukan tindak lanjut untuk mengatasi risiko tersebut. Diperlukan ketelitian dan analisa yang mendalam untuk menentukan tindak lanjut agar risiko dapat efektif dikendalikan.

6.  Evaluasi Secara Berkala

Terakhir, untuk mengetahui apakah tindakan yang ditujukan pada risiko dan peluang efektif, maka perlu untuk dilakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi dapat dilakukan setiap bulan, 3 bulan, 6 bulan, ataupun tahunan. Jika dari hasil evaluasi tindak lanjut yang diambil untuk mengatasi risiko terbukti tidak efektif dan nilai risiko tidak turun, organisasi dapat dengan cepat mengambil keputusan untuk menentukan tindak lanjut yang lain.

Baca Juga: Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Konstruksi

Download Prosedur Identifikasi Risiko dan Peluang

Untuk lebih jelasnya dalam melakukan identifikasi risiko dan peluang, kami sebagai Konsultan ISO menyediakan panduan dalam bentuk prosedur dan formulir identifikasi risiko dan peluang yang dapat anda download pada link dibawah

 

 

 

Jika anda mengalami kesulitan dalam melakukan identifikasi risiko dan peluang, anda dapat menghubungi kami selaku untuk berdiskusi lebih lanjut.


Credit: Multiple.co.id