Perbedaan SKK Konstruksi , SKA LPJK dan SKT LPJK
Cindy
1 day ago

Perbedaan SKK Konstruksi , SKA LPJK dan SKT LPJK

Perbedaan SKK Konstruksi , SKA LPJK dan SKT LPJK - Pengusaha harus melengkapi beberapa persyaratan hukum ketika menjalankan bisnis. Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan ketika memulai bisnis. Hal ini terkait dengan pendanaan dan pengembangan usaha serta memerlukan izin usaha yang masih berlaku. Salah satu syarat sahnya adalah memiliki Sertifikat Badan Usaha (SBU). Kepemilikan SBU sangat penting bagi bisnis, terutama jika berencana untuk berpartisipasi dalam tender milik pemerintah di masa mendatang. Jadi, apa itu SBU dan apa perbedaan SKA,  SKT dan SKK Konstruksi?

SKK dan SKA merupakan dua hal yang berbeda walaupun sama-sama diterbitkan oleh LPJK dan ditujukan untuk tenaga ahli. Untuk itulah, pada bahasan kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai perbedaan SKK dan SKA. Lantas, apa saja sih perbedaan diantara keduanya? SKK maupun SKA ini menjadi syarat yang dibutuhkan agar seseorang dapat mengikuti tender. Untuk penjelasan lebih jelasnya, yuk langsung saja simak bahasan di bawah ini hingga habis.

Perbedaan SKK Konstruksi , SKA LPJK dan SKT LPJK

Sertifikat Keterampilan (SKT)

Sertifikat Keterampilan (SKT) adalah sertifikat yang diterbitkan LPJK dan diberikan kepada tenaga terampil konstruksi yang telah memenuhi persyaratan kompetensi berdasarkan disiplin keilmuan, kefungsian dan/atau keterampilan tertentu.

Setiap perusahaan jasa pelaksana konstruksi yang ingin mengajukan permohonan sertifikasi dan registrasi badan usaha dan mendapatkan Sertifikat Badan Usaha (SBU) untuk golongan Kecil (K1, K2 atau K3) harus memiliki tenaga kerja bersertifikat keterampilan (SKT) sebagai persyaratan untuk dapat ditetapkan sebagai Penanggung Jawab Teknik (PJT).

SKT tersebut dikeluarkan diajukan melalui asosiasi profesi jasa konstruksi atau instansi lain yang telah diakreditasi LPJK.

Sertifikat Keahlian (SKA)

Bahasan pertama ialah terkait SKA atau sertifikat keahlian. Jadi, apa itu SKA? SKA adalah sertifikat yang merupakan bukti kompetensi atau kemampuan profesi dan tenaga ahli di bidang kontraktor juga konsultan.

SKA ini dimiliki oleh tenaga ahli yang mempunyai kualifikasi ahli utama, ahli madya, serta ahli muda. SKA ini diterbitkan oleh asosiasi profesi pada bidang jasa konstruksi dimana telah terakreditasi oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Nasional.

Untuk itulah, penting sekali bagi Anda yang bekerja di bidang konstruksi untuk memiliki SKA ini guna menunjang karir Anda pada bidang konstruksi. Lantas, apa sih perbedaan SKK dan SKA ini? Nah, agar lebih paham Anda juga harus tahu lebih lanjut mengenai SKK.

SKK Konstruksi

SKK-Konstruksi merupakan istilah baru dalam nomenklatur Sertifikat Keahlian (SKA) dan Sertifikat Keterampilan (SKT). Konstruksi SKK 2022 sendiri memiliki jenjang yang biasa dikenal dengan kualifikasi SKA dan SKT.

Tingkat 9 – Pakar Utama
Tingkat 8 – Asisten Profesional
Tingkat 7 – Profesional Muda
Tingkat 6 – Teknisi/Analis
Tingkat 5 – Teknisi/Analis
Tingkat 4 – Teknisi/Analis
Tingkat 3 – Operator
Tingkat 2 – Operator
Tingkat 1 – Operator

 

Kesimpulan

SKK Konstruksi merupakan nama baru untuk SKA dan SKT LPJK. Sekaligus disatukan menjadi satu istilah sertifikat kompetensi , bekerja sama dengan BNSP.

Demikian Perbedaan SKK Konstruksi , SKA LPJK dan SKT LPJK. Semoga dapat dipahami
Terimakasih sudah membaca.