Perbedaan SILO dan SIO
Cindy
1 day ago

Perbedaan SILO dan SIO

Bagi Anda yang bekerja di bidang konstruksi, mungkin sudah sering melihat atau bahkan menggunakan alat alat tertentu yang digunakan untuk membantu mempermudah pekerjaan. Namun, meskipun kegunaannya cukup membantu tentunya dalam menggunakan alat alat tersebut dapat menyebabkan beberapa resiko berbahaya.

Karena penggunaan alat tersebut dapat menyebabkan resiko bahaya cukup besar, maka dibutuhkan sebuah izin atau sertifikat untuk mengoperasikan alat alat tersebut. Pada artikel kali ini safetypedia akan membahas terkait izin atau sertifikat untuk mengoperasikam alat alat ditempat kerja, atau disebut juga SILO dan SIO.

Tetapi tahukah Anda bahwa masih banya orang yang menganggap bahwa SILO dan SIO merupakan dua hal yang sama. Padahal kenyataannya anggapan tersebut kuranglah tepat, nyatanya SILO dan SIO merupakan kedua hal yang berbeda. Berikut ini kami akan mencoba menjelaskan perbedaan tersebut seringkas mungkin agar Anda mudah memahaminya.

Baca Juga: SKK Konstruksi Pelaksana Konstruksi Bangunan Unit Produksi SPAM Jenjang 7
Perbedaan SILO dan SIO

Apa Itu SILO?

SILO adalah singkatan dari Surat Izin Layak Operasi, surat izin tersebut digunakan oleh perusahaan sebagai legalitas izin dalam mengoperasikan alat alat tertentu untuk membantu pekerja menyelsaikan pekerjaannya.

Baca Juga: Cara Cek Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Konstruksi Online

Apa Itu SIO?

SIO merupakan singkatan dari Surat Izin Operator, SIO adalah sejenis sertifikat yang diberikat pada perorangan atau individu di dalam perusahaan sebagai bukti bahwa ia layak mengoperasikan alat angkat dan alat angkut.

Baca Juga: Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Konstruksi

Kesimpulan

Berdasarkan kedua definisi SILO dan SIO diatas, dapat kita simpulkan bahwa perbedaan SILO dan SIO ialah terletak pada siapa diberikannya sertiikat tersebut dan tujuannya. SILO diberikan pada pihak perusahaan sebagai legalitas izin bahwa perusahaan tersebut layak mengoperasikan alat alat tertentu sedangkan SIO diberikan pada pekerjannya atau individu sebagai bukti bahwa ia layak mengoperasikan alat alat angkat dan angkut.