Mengenal BG007 KONSTRUKSI GEDUNG PENGINAPAN
Cindy
1 day ago

Mengenal BG007 KONSTRUKSI GEDUNG PENGINAPAN

Selamat datang dalam panduan ini yang akan membawa Anda melalui berbagai aspek terkait dengan konstruksi gedung penginapan sesuai dengan kualifikasi BG007. Kami akan menjelaskan ruang lingkup kegiatan, kualifikasi yang dibutuhkan, tenaga konstruksi, peralatan yang diperlukan, dan berbagai informasi penting lainnya untuk memahami konstruksi gedung penginapan sesuai dengan standar yang berlaku. Mari kita mulai!

Ruang Lingkup Kegiatan

Bagian ini merinci segala hal yang mencakup kegiatan pembangunan, pemeliharaan, pembongkaran, dan/atau pembangunan kembali bangunan yang digunakan untuk penginapan. Ini termasuk berbagai jenis gedung penginapan seperti gedung perhotelan, hostel, dan losmen. Termasuk juga kegiatan perubahan dan renovasi gedung penginapan guna menjaga atau meningkatkan kualitas penginapan tersebut.

Kegiatan yang Dicakup:

  • Pembangunan baru gedung perhotelan
  • Renovasi gedung penginapan
  • Pemeliharaan gedung penginapan
  • Pembongkaran bangunan untuk penginapan yang sudah tidak layak
  • Pembangunan kembali gedung penginapan yang sudah ada

Kualifikasi KECIL

Bagian ini menjelaskan kualifikasi untuk kategori konstruksi gedung penginapan dengan skala kecil. Berikut adalah kualifikasi yang harus dipenuhi:

Penjualan Tahunan: <= Rp2.500.000.000,-

Kemampuan Keuangan: >= Rp300.000.000,-

Untuk kualifikasi ini, diperlukan tenaga konstruksi dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • PJBU: 1 orang, PJBU dapat merangkap sebagai PJTBU
  • PJTBU: 1 orang, memiliki SKK Konstruksi jenjang kualifikasi KKNI paling rendah jenjang 6 sesuai dengan klasifikasi sipil atau klasifikasi arsitektur dan subklasifikasi gedung atau subklasifikasi arsitektural.
  • PJSKBU: 1 orang, memiliki SKK Konstruksi jenjang kualifikasi KKNI paling rendah jenjang 5 sesuai dengan klasifikasi sipil atau klasifikasi arsitektur dan subklasifikasi gedung atau subklasifikasi arsitektural.

Minimal satu jenis peralatan harus dimiliki dalam kategori kualifikasi ini, seperti concrete mixer, tamping rammer, vibro hammer, generator set, atau pick up.

Kualifikasi MENENGAH

Bagian ini menjelaskan kualifikasi untuk kategori konstruksi gedung penginapan dengan skala menengah. Berikut adalah kualifikasi yang harus dipenuhi:

Penjualan Tahunan: >= Rp2.500.000.000,-

Kemampuan Keuangan: >= Rp2.000.000.000,-

Untuk kualifikasi ini, diperlukan tenaga konstruksi dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • PJBU: 1 orang PJBU (tidak dapat merangkap)
  • PJTBU: 1 orang, memiliki SKK Konstruksi jenjang kualifikasi KKNI paling rendah jenjang 7 sesuai dengan klasifikasi sipil atau klasifikasi arsitektur dan subklasifikasi gedung atau subklasifikasi arsitektural.
  • PJSKBU: 1 orang, memiliki SKK Konstruksi jenjang kualifikasi KKNI paling rendah jenjang 6 sesuai dengan klasifikasi sipil atau klasifikasi arsitektur dan subklasifikasi gedung atau subklasifikasi arsitektural.

Minimal dua jenis peralatan harus dimiliki dalam kategori kualifikasi ini, seperti tower crane, truck crane, concrete mixer, tamping rammer, concrete pump, vibro hammer, generator set, excavator, motor grader, wheel loader, bulldozer, dan lain sebagainya.

Kualifikasi BESAR

Bagian ini menjelaskan kualifikasi untuk kategori konstruksi gedung penginapan dengan skala besar. Berikut adalah kualifikasi yang harus dipenuhi:

Penjualan Tahunan: >= Rp50.000.000.000,-

Kemampuan Keuangan: >= Rp25.000.000.000,-

Untuk kualifikasi ini, diperlukan tenaga konstruksi dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • PJBU: 1 orang PJBU (tidak dapat merangkap)
  • PJTBU: 1 orang, memiliki SKK Konstruksi jenjang kualifikasi KKNI paling rendah jenjang 8 sesuai dengan klasifikasi sipil atau klasifikasi arsitektur dan subklasifikasi gedung atau subklasifikasi arsitektural.
  • PJSKBU: 1 orang, memiliki SKK Konstruksi jenjang kualifikasi KKNI paling rendah jenjang 7 sesuai dengan klasifikasi sipil atau klasifikasi arsitektur dan subklasifikasi gedung atau subklasifikasi arsitektural.

Minimal tiga jenis peralatan harus dimiliki dalam kategori kualifikasi ini, seperti tower crane, truck crane, concrete mixer, tamping rammer, concrete pump, vibro hammer, generator set, excavator, motor grader, wheel loader, bulldozer, dan lain sebagainya.

Kualifikasi BUJKA

Bagian ini menjelaskan kualifikasi untuk kategori konstruksi gedung penginapan yang termasuk dalam BUJKA (Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing). Berikut adalah kualifikasi yang harus dipenuhi:

Penjualan Tahunan: >= Rp100.000.000.000,-

Kemampuan Keuangan: >= Rp35.000.000.000,-

NB: Kualifikasi ini hanya berlaku jika perusahaan memiliki pengalaman pekerjaan di Indonesia.

Untuk kualifikasi ini, tidak diharuskan memiliki tenaga konstruksi, namun minimal lima jenis peralatan harus dimiliki dalam kategori kualifikasi ini, seperti tower crane, truck crane, concrete mixer, tamping rammer, concrete pump, vibro hammer, generator set, excavator, motor grader, wheel loader, bulldozer, dan lain sebagainya.

 

Mengenal BG007 KONSTRUKSI GEDUNG PENGINAPAN
Baca Juga: SBU BG005 Konstruksi Gedung Kesehatan
Mengenal BG007 KONSTRUKSI GEDUNG PENGINAPAN

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa yang dimaksud dengan Kualifikasi KECIL dalam konstruksi gedung penginapan?

Kualifikasi KECIL merujuk pada skala usaha konstruksi gedung penginapan dengan penjualan tahunan tidak lebih dari Rp2.500.000.000,- dan kemampuan keuangan minimal Rp300.000.000,-.

2. Apa saja tenaga konstruksi yang diperlukan untuk kualifikasi KECIL?

Tenaga konstruksi yang diperlukan termasuk PJBU, PJTBU, dan PJSKBU dengan spesifikasi yang telah dijelaskan.

3. Apa saja peralatan minimum yang harus dimiliki untuk kualifikasi KECIL?

Setidaknya satu jenis peralatan seperti concrete mixer, tamping rammer, vibro hammer, generator set, atau pick up harus dimiliki.

Mengenal BG007 KONSTRUKSI GEDUNG PENGINAPAN
Baca Juga: SBU BG004 Konstruksi Gedung Perbelanjaan

 

Mengenal BG007 KONSTRUKSI GEDUNG PENGINAPAN
Baca Juga: SBU BG003 Konstruksi Gedung Industri

Kesimpulan

Memahami kualifikasi dan persyaratan yang terkait dengan konstruksi gedung penginapan sangat penting untuk memastikan bahwa proyek-proyek tersebut dilakukan sesuai dengan standar yang berlaku. Setiap kategori kualifikasi memiliki penentuan berdasarkan penjualan tahunan, kemampuan keuangan, tenaga konstruksi, dan peralatan yang dimiliki. Dengan mematuhi aturan ini, perusahaan konstruksi dapat memastikan kualitas dan keamanan dari bangunan penginapan yang dibangun.

Mengenal BG007 KONSTRUKSI GEDUNG PENGINAPAN
Baca Juga: SBU BG002 Konstruksi Gedung Perkantoran

Pertanyaan Lainnya

Semoga panduan ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang konstruksi gedung penginapan sesuai dengan kualifikasi BG007. Dengan mematuhi persyaratan dan menggunakan tenaga serta peralatan yang sesuai, Anda dapat melaksanakan proyek konstruksi dengan efisien dan berkualitas tinggi. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi otoritas terkait atau konsultan konstruksi profesional.