Komeng Ungkap Kisah di Balik Foto Nyaleg yang Viral
Cindy
1 day ago

Komeng Ungkap Kisah di Balik Foto Nyaleg yang Viral

Temukan cerita menarik di balik foto nyaleg yang viral bersama Komeng. Artikel ini membahas perjalanan politiknya, dampaknya pada masyarakat, dan pandangan uniknya terhadap dinamika politik. Mari kita selami kisahnya yang menginspirasi dan penuh warna

Komeng Ungkap Kisah di Balik Foto Nyaleg yang Viral

Gambar Komeng Ungkap Kisah di Balik Foto Nyaleg yang Viral

Nama komedian ternama Alfiansyah Bustami Komeng atau akrab disapa Komeng viral di media sosial baru-baru ini. Pasalnya komedian berusia 53 tahun tersebut melaju sebagai calon anggota legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Sementara itu sosoknya jadi perhatian publik karena menggunakan foto nyeleneh pada surat suara Pemilu 2024. Diketahui Komeng menggunakan foto tersebut dalam Daftar Calon Tetap Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Barat.

Spontan! Komedian Komeng Unggul Sementara di Pemilihan DPD Jabar - Akurat
Foto Komeng di surat suara caleg DPD RI

Jika calon anggota lainnya menggunakan foto berpenampilan formal dengan balutan jas dan dasi, Komeng justru menampilkan foto dengan wajah yang kocak, dengan ekspresi yang menarik perhatian. Komeng dalam fotonya juga memiringkan kepala dengan mata melotot. Beberapa mengaku kaget sebab selama ini tak pernah melihat baliho Komeng terpampang di sudut-sudut kota. Namun, lebih banyak lagi yang gagal fokus karena melihat foto Komen dengan pose unik di surat suara Pemilu 2024.

Awal Mula Foto

Komeng juga menceritakan awal mula mendaftarkan diri dengan foto nyelenehnya. Ia tak mendapat larangan itu, dan akhirnya setuju menggunakan foto tersebut. "Kan ada tuh yang waktu awal-awal, kita harus kirim foto biasa. Terus, masuk ke yang tetap, dari DCS ke DCT, minta foto buat administrasi, foto buat surat suara belum. Setelah ditetapkan, baru minta foto buat surat suara," jelas Komeng. "Kalau KPU Jabar, menyarankan pakai baju daerah, boleh juga pakai yang membuat khas diri masing-masing, menurut mereka. Nah, saya bawa foto itu. Nah, dia ketawa. Saya bilang, 'ini gue melanggar nggak nih? Salah nggak', 'nggak sih pak, nggak ada peraturannya kayak begini. Ya sudah, kalau abang begini, nggak masalah', katanya begitu," sambung Komeng tertawa.

Mantan Pembawa Acara program televisi “Spontan” itu pun mengaku serius dalam mencalonkan diri sebagai DPD. Salah satu misinya adalah mewujudkan aspirasi seniman Tanah Air. “Saya bisa mencontoh dari negara Korea Selatan, dengan seni budayanya dia bisa mengalahkan negara-negara lain, lewat seni budaya, drakor (drama Korea), K-pop, dan kulinernya juga, bahkan pemasukan ke APBN negaranya hampir 12 digit,” ujarnya. Anggota Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PASKI) itu pun berharap Pemilu 2024 dapat berjalan dengan tentram dan damai.

Respons KPU

KPU Jawa Barat menyebut, apa yang dilakukan Komeng merupakan strategi marketing. KPU mengatakan, jika foto yang ditampilkan pada kertas suara sudah berdasarkan kesepakatan sebelumnya. "Iya itu kan sudah kesepakatan, mereka sepakat, ada dami dulu disetujui dulu. Nggak ada masalah, kemauan sendiri kan sudah disepakati," kata Kordinator Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jabar Hedi Ardia, Rabu (14/2/2024). "Itu bagian dari strategi dia, supaya orang tertarik. Memang kalau dilihat yang paling beda penampilannya ya bapak itu, bapak itu kan minggir-minggir (fotonya)," tutup Hedi.

Sengaja

Komeng mengaku sengaja menggunakan foto nyeleneh tersebut. Apalagi tidak ada larangan penggunaan foto dengan gaya seperti itu. Pria bernama asli Alfiansyah tersebut juga menegaskan bahwa gayanya itu antimainstream. Komeng juga menyukai foto nyelenehnya itu. "Itu kan suratnya nggak bersuara, makanya ane bikin bersuara. Ya ane demen saja, anti mainstream, nggak sama kayak orang lain," ujar Komeng saat dihubungi, Rabu (14/2/2024).

Hanya Ingin Menghibur

Lebih lanjut Komeng menegaskan bahwa fotonya itu bukan salah satu cara untuk mendapatkan banyak suara dari publik. Komeng hanya ingin tampil beda dan menghibur. "Tujuan ke situ sih nggak ada. Memang saya pada dasarnya, kalau konsep ngelawak saja suka. Pengin sesuatu yang baru," tutur Komeng.