KLAUSUL PADA ISO 27001 : 2013
Cindy
1 day ago

KLAUSUL PADA ISO 27001 : 2013

KLAUSUL PADA ISO 27001 : 2013

Gambar KLAUSUL PADA ISO 27001 : 2013

ISO 27001:2013 dibagi dalam dua bagian yaitu Klausul & Annex A, Standar ini menerapkan pendekatan umum plan-do-check-act sehingga akan akrab bagi organisasi yang telah menerapkan standar ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001 atau standar lain yang telah menggunakan High Level Structure.

Secara umum, ISO 27001 berisi panduan terkait Information Security Management System (ISMS) yang meliputi kebijakan, prosedur, ataupun kontrol lainnya, dalam upaya mengelola dan mengendalikan risiko keamanan data.

Dalam implementasi ISO 27001, terdapat 14  kontrol dari Annex A mengenai ISO 27001, yaitu;

  • Kebijakan Keamanan Informasi
  • Keamanan Informasi Organisasi
  • Keamanan sumber daya manusia
  • Pengelolaan Aset
  • Akses Kontrol
  • Cryptographic
  • Keamanan Fisik dan lingkungan
  • Operasi keamanan
  • Komunikasi Keamanan
  • Akuisisi sistem, pengembangan, dan pemeliharaan
  • Supplier Relationship
  • Manajemen Insiden Keamanan Informasi
  • Aspek Keamanan Informasi of Business Continuity Management
  • Kepatuhan

Apa saja persyaratan ISO 27001:2013?

Persyaratan inti standar dibahas dalam Klausul 4.1 hingga 10.2. Ringkasan ada di bawah dan Anda dapat mengklik setiap klausa untuk detail lebih lanjut.

4.1 – Memahami Organisasi dan Konteksnya
Klausul 4.1 dari persyaratan ISO 27001 adalah tentang memahami organisasi dan konteksnya. Kami selalu merekomendasikan ini adalah di mana sebuah organisasi dimulai dengan penerapan ISO 27001.

4.2 – Memahami Kebutuhan dan Harapan Pihak yang Berkepentingan
Klausul 4.2 dari persyaratan ISO 27001 adalah tentang ‘Memahami kebutuhan dan harapan pihak berkepentingan organisasi Anda’.

4.3 – Menentukan Ruang Lingkup Sistem Manajemen Keamanan Informasi
Klausul 4.3 dari standar ISO 27001 melibatkan pengaturan ruang lingkup Sistem Manajemen Keamanan Informasi Anda . Ini adalah bagian penting dari SMKI karena akan memberi tahu pemangku kepentingan, termasuk manajemen senior, pelanggan, auditor, dan staf, area bisnis Anda yang dicakup oleh SMKI Anda. Anda harus dapat dengan cepat dan sederhana menggambarkan atau menunjukkan ruang lingkup Anda kepada auditor.

4.4 – Sistem Manajemen Keamanan Informasi
Klausul ISO 27001 ini adalah persyaratan sederhana yang dinyatakan dan mudah ditangani jika Anda melakukan yang lainnya dengan benar! Ini berkaitan dengan bagaimana organisasi menerapkan, memelihara dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi.

5.1 – Kepemimpinan & Komitmen
Klausul yang berfokus pada kepemimpinan dari ISO 27001 ini menekankan pentingnya keamanan informasi yang didukung, baik secara kasat mata maupun material, oleh manajemen senior.

Klausul ini mengidentifikasi aspek-aspek spesifik dari sistem manajemen di mana manajemen puncak diharapkan untuk menunjukkan kepemimpinan dan komitmen.

5.2 – Kebijakan Keamanan Informasi
Klausul 5.2 dari standar ISO 27001 mengharuskan manajemen puncak menetapkan kebijakan keamanan informasi . Persyaratan untuk mendokumentasikan kebijakan ini cukup mudah. Namun apa yang ada di dalam kebijakan dan bagaimana kaitannya dengan SMKI yang lebih luas akan memberi pihak yang berkepentingan kepercayaan yang mereka butuhkan untuk mempercayai apa yang ada di balik kebijakan tersebut.

5.3 – Peran, Tanggung Jawab & Wewenang Organisasi
Klausul ini adalah tentang manajemen puncak yang memastikan bahwa peran, tanggung jawab, dan wewenang jelas untuk sistem manajemen keamanan informasi. Ini tidak berarti bahwa organisasi perlu pergi dan menunjuk beberapa staf baru atau merekayasa sumber daya yang terlibat – ini adalah harapan yang sering disalahpahami yang membuat organisasi yang lebih kecil gagal mencapai standar.

6.1 – Tindakan untuk Mengatasi Risiko dan Peluang
Klausul 6 dari persyaratan ISO 27001 adalah tentang perencanaan, dan khususnya perencanaan tindakan untuk mengatasi risiko dan peluang. Manajemen risiko cukup lurus ke depan namun itu berarti hal yang berbeda untuk orang yang berbeda, dan itu berarti sesuatu yang khusus untuk auditor ISO 27001 sehingga penting untuk memenuhi persyaratan mereka.

6.2 – Tujuan & Perencanaan Keamanan Informasi untuk Mencapainya
Anda mungkin tahu mengapa Anda ingin menerapkan SMKI Anda dan memiliki beberapa tujuan organisasi garis atas di sekitar seperti apa kesuksesan itu. Materi pembangun kasus bisnis adalah bantuan yang berguna untuk itu untuk hasil yang lebih strategis dari sistem manajemen Anda.

7.1 – Sumberdaya
Persyaratan ISO 27001 adalah untuk menyediakan tingkat sumber daya yang memadai ke dalam penetapan, penerapan, pemeliharaan, dan peningkatan berkelanjutan dari sistem manajemen keamanan informasi.

7.2 – Kompetensi
ISO/IEC 27001 klausul 7.2 pada dasarnya mengatakan bahwa organisasi akan memastikan bahwa ia memiliki:menentukan kompetensi orang yang melakukan pekerjaan pada SMKI yang dapat mempengaruhi kinerjanya
orang yang dianggap kompeten berdasarkan pendidikan, pelatihan, atau pengalaman.

7.3 – Kesadaran

ISO 27001 mencari konfirmasi bahwa orang yang melakukan pekerjaan dapat memahami:

  • kebijakan keamanan informasi
  • kontribusi mereka terhadap efektivitas SMKI termasuk manfaat dari peningkatan kinerjanya
  • apa yang terjadi ketika sistem manajemen keamanan informasi tidak sesuai dengan persyaratannya

7.4 – Komunikasi

ISO 27001 mencari hal-hal berikut dalam klausa ini:

  • apa yang harus dikomunikasikan tentang SMKI
  • kapan itu akan dikomunikasikan
  • siapa yang akan menjadi bagian dari komunikasi itu
  • siapa yang melakukan komunikasi
  • bagaimana semua itu terjadi yaitu sistem dan proses apa yang akan digunakan untuk menunjukkan hal itu terjadi dan efektif

7.5 – Informasi Terdokumentasi
Siapa pun yang akrab dengan pengoperasian standar ISO internasional yang diakui akan mengetahui pentingnya dokumentasi untuk sistem manajemen. Oleh karena itu, salah satu persyaratan utama ISO 27001 adalah untuk menggambarkan sistem manajemen keamanan informasi Anda dan kemudian menunjukkan bagaimana hasil yang diinginkan tercapai untuk organisasi.

8.1 – Perencanaan & Pengendalian Operasional
Klausul ini sangat mudah untuk menunjukkan bukti terhadap jika organisasi telah ‘menunjukkan kerjanya’. Dalam mengembangkan sistem manajemen keamanan informasi untuk memenuhi persyaratan 6.1, 6.2 dan khususnya 7.5 di mana seluruh SMKI terstruktur dan terdokumentasi dengan baik, ini juga mencapai 8.1 pada saat yang bersamaan.

Ini tentang perencanaan, implementasi dan pengendalian untuk memastikan hasil dari sistem manajemen keamanan informasi tercapai.

8.2 – Penilaian Risiko Keamanan Informasi
Ini adalah salah satu dari klausa ISO 27001 yang diselesaikan secara otomatis di mana organisasi telah membuktikan pekerjaan manajemen keamanan informasinya sesuai dengan persyaratan 6.1, 6.2 dan khususnya di mana seluruh SMKI didokumentasikan dengan jelas. Organisasi harus melakukan penilaian risiko keamanan informasi pada interval yang direncanakan dan ketika perubahan memerlukannya – keduanya perlu didokumentasikan dengan jelas.

8.3 – Perlakuan Risiko Keamanan Informasi
Berdasarkan klausul 8.3, persyaratannya adalah bagi organisasi untuk menerapkan rencana perlakuan risiko keamanan informasi dan menyimpan informasi terdokumentasi tentang hasil perlakuan risiko tersebut.

9.1 – Pemantauan, Pengukuran, Analisis dan Evaluasi

ISO 27001 klausul 9.1 mengharuskan organisasi untuk mengevaluasi bagaimana kinerja SMKI

  1. Apa yang telah diputuskan untuk dipantau dan diukur, bukan hanya tujuan tetapi juga proses dan pengendaliannya
  2. Bagaimana memastikan hasil yang valid dalam pengukuran, pemantauan, analisis dan evaluasi?
  3. Kapan pengukuran, pemantauan, evaluasi dan analisis itu dilakukan dan siapa yang melakukannya
  4. Bagaimana hasilnya digunakan

9.2 – Audit Internal

Klausul 9.2 dari ISO 27001 mengatakan bahwa organisasi harus melakukan audit internal pada interval yang direncanakan untuk memberikan informasi tentang apakah sistem manajemen keamanan informasi:

  • Sesuai dengan persyaratan organisasi itu sendiri untuk sistem manajemen keamanan informasinya; dan memenuhi persyaratan standar internasional ISO 27001;
  • Apakah SMKI diterapkan dan dipelihara secara efektif

9.3 – Tinjauan Manajemen

Merupakan tanggung jawab manajemen senior untuk melakukan tinjauan manajemen untuk ISO 27001. Tinjauan ini harus direncanakan sebelumnya dan cukup sering untuk memastikan bahwa sistem manajemen keamanan informasi terus efektif dan mencapai tujuan bisnis.

10.1 – Ketidaksesuaian dan Tindakan Koreksi

Klausul 10.1 adalah bagian dari persyaratan peningkatan dalam ISO 27001. Ini menyangkut tindakan yang diambil organisasi untuk mengatasi ketidaksesuaian yang berorientasi pada keamanan informasi. Tindakan korektif yang mengikuti bentuk ketidaksesuaian juga merupakan bagian penting dari proses peningkatan SMKI yang perlu dibuktikan bersama dengan konsekuensi lain yang disebabkan oleh ketidaksesuaian.

10.2 – Peningkatan Berkelanjutan

Sebagian besar menjalankan sistem manajemen keamanan informasi adalah melihatnya sebagai sistem yang hidup dan bernafas. Organisasi yang menganggap serius perbaikan akan menilai, menguji, meninjau dan mengukur kinerja SMKI