Biaya Sertifikasi ISO 9001
Cindy
1 day ago

Biaya Sertifikasi ISO 9001

Biaya Sertifikasi ISO 9001

Gambar Biaya Sertifikasi ISO 9001

Berapa Biaya Sertifikasi ISO 9001?

Selama kami menjadi Konsultan ISO, kami sering sekali mendapatkan pertanyaan mengenai biaya Sertifikasi ISO.

Biaya Sertifikasi ISO dapat berbeda-beda bergantung dari Badan Sertifikasi yang dipilih dan standar ISO yang diterapkan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai biaya Sertifikasi untuk standar ISO 9001:2015 dari beberapa Badan Sertifikasi.

Harga yang kami sampaikan ini hanyalah perkiraan, harga dapat lebih murah atau lebih mahal dari yang sebenarnya. Untuk mendapatkan harga pasti Anda dapat menghubungi Badan Sertifikasi secara langsung untuk mendapatkan proposal penawarannya.

Namun, harga yang kami sampaikan ini berdasarkan pengalaman kami selama menjadi Konsultan ISO, tentu harga yang kami sampaikan tidaklah terlalu jauh dari harga Badan Sertifikasi.

Sebelum Organisasi Anda mengajukan ke Badan Sertifikasi untuk Audit Sertifikasi ISO 9001, pastikan Organisasi Anda telah memenuhi persyaratan dalam Standar ISO 9001. Anda dapat menghubungi kami Konsultan ISO apabila membutuhkan bantuan untuk memenuhi persyaratan tersebut.

Umumnya, sebelum Anda dapat mengajukan ke Badan Sertifikasi ISO untuk melakukan Audit, Badan Sertifikasi ISO akan meminta Anda untuk mengirimkan beberapa persyaratan yang akan dicek terlebih dahulu, yaitu:

1. Legalitas Perusahaan
2. Pedoman Mutu
3. Hasil Audit Internal
4. Hasil Rapat Tinjauan Manajemen
5. Daftar Induk Dokumen
6. Hasil Identifikasi Risiko dan Peluang
7. Sasaran Mutu

Setelah Badan Sertifikasi ISO melakukan pengecekan dan dinyatakan sesuai, barulah Badan Sertifikasi ISO akan menginformasikan lebih lanjut mengenai teknis pelaksanaan Audit Sertifikasi ISO 9001.

Estimasi Biaya Sertifikasi dari Badan Sertifikasi ISO

Berikut adalah estimasi Biaya Sertifikasi ISO 9001 dari beberapa Badan Sertifikasi pilihan kami. Untuk mempermudah dalam memberikan gambaran biaya Sertifikasi ISO, estimasi berikut berdasarkan jumlah karyawan dalam Organisasi Anda, sebagai patokan harga berikut untuk estimasi karyawan di bawah 50 orang;

Estimasi biaya Sertifikasi ISO 9001 oleh SGS mulai dari 25juta rupiah. Bila lingkup Organisasi Anda berskala Internasional, maka sangat disarankan untuk memilih SGS. Namun, pertimbangkan juga dari Anggaran yang tersedia dalam Organisasi Anda

Estimasi biaya Sertifikasi ISO 9001 oleh Sucofindo kurang lebih sama dengan SGS. Jika lingkup Organisasi Anda berskala nasional, Sucofindo dapat menjadi pertimbangan.

TV Rheinland memiliki brand yang tak kalah mentereng dengan SGS dan Sucofindo, namun biaya Sertifikasi nya jauh lebih murah. Estimasi biaya Sertifikasi ISO 9001 dari TV Rheinland mulai dari 18juta.

MSA memiliki kesamaan dengan TV Rheinland, yaitu sama-sama berasal dari Jerman dan terakrditasi oleh DAKS. Estimasi biaya Sertifikasi ISO 9001 oleh MSA mulai dari 15juta. Sedikit lebih murah dari TV Rheinland. Namun, untuk brand MSA tidak kalah dengan TV Rheinland.

Equal adalah badan Sertifikasi yang terakrditasi oleh JAS ANZ. Equal dapat menjadi salah satu alternative pilihan Badan Sertifikasi ISO 9001. Estimasi biaya Sertifikasi oleh Equal sangat terjangkau, yaitu mulai dari 12juta.

Apabila Organisasi Anda memiliki anggaran yang terbatas untuk Sertifikasi ISO 9001. VRC dapat dapat menjadi pilihan karena biaya Sertifikasi VRC sangat murah, yaitu mulai dari 8juta rupiah.

Kesimpulan

Estimasi Biaya Sertifikasi ISO 9001 di atas hanyalah dengan perkiraan dari jumlah karyawan. Biaya Sertifikasi ISO 9001 juga dapat dipengaruhi oleh bidang Organisasi Anda, Alamat, jumlah shift, dsb.

Estimasi biaya di atas barulah estimasi dari biaya sertifikasi dari Badan Sertifikasi. Apabila Organisasi Anda membutuhkan bantuan dari Konsultan ISO 9001 untuk membantu menyiapkan persyaratan dalam ISO 9001:2015, maka Anda perlu mempertimbangkan juga biaya untuk tenaga Jasa Konsultan ISO 9001. Estimasi biaya Konsultan ISO 9001 dapat Anda simak pada artikel berikut:

Demikian ulasan kami mengenai estimasi biaya Sertifikasi ISO 9001. Apabila ada yang perlu ditanyakan, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Terimakasih,

Alief Maulana Ilyas
Konsultan ISO (ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001, ISO 37001, ISO 21001)
Multiple Training & Consulting / PT Mutu Tunas Cipta
Jalan Tanah Abang 1 No. 11F, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
Email : konsultan@multiple.co.id
Whatsapp : 081 6888 476 (MUTU ISO)