Apa itu SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan?
Cindy
1 day ago

Apa itu SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan?

Dapatkan informasi lengkap mengenai SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan dalam artikel ini. Pelajari fungsi, kegunaan, persyaratan, masa berlaku, cara cek keaslian, dan masih banyak lagi terkait SBU Konstruksi.

Dapatkan informasi lengkap mengenai SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan dalam artikel ini. Pelajari fungsi, kegunaan, persyaratan, masa berlaku, cara cek keaslian, dan masih banyak lagi terkait SBU Konstruksi.

Baca Juga: SKK Konstruksi Pelaksana Konstruksi Bangunan Unit Produksi SPAM Jenjang 7
Apa itu SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan?

Apa itu SBU Sertifikat Badan Usaha Jasa Konstruksi?

SBU Sertifikat Badan Usaha adalah sebuah dokumen sertifikat yang dikeluarkan sebagai tanda bukti resmi atas usaha yang dilakukan oleh suatu perusahaan di bidang jasa konstruksi. SBU konstruksi merupakan bukti pengakuan Badan Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) untuk dapat mengikuti proses pengadaan barang atau jasa. SBU konstruksi ini merupakan dokumen wajib yang dimiliki oleh BUJK dalam menjalankan layanan jasa Konstruksi.

Baca Juga: Cara Cek Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Konstruksi Online

Kenapa perusahaan jasa konstruksi harus memiliki SBU? Apa fungsi atau kegunaan dari SBU tersebut?

Salah satu fungsi Sertifikat Badan Usaha (SBU) adalah syarat untuk ikut serta dalam lelang atau tender. Selain itu, SBU LLPJK juga dapat digunakan sebagai salah satu prasyarat membangun kerja sama dengan BUJKA dan BUJK Nasional. Salah satu alasan perusahaan harus memiliki SBU adalah pengurangan pajak. Bagi perusahaan jasa konstruksi yang memiliki SBU akan dikenakan besaran tarif sesuai dengan klasifikasinya. Sedangkan, perusahaan jasa konstruksi yang tidak memiliki SBU akan dikenakan tarif PPh badan atau PPh orang pribadi normal yang tentu tarifnya lebih besar.

SBU dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) PUPR. Proses pembuatan sertifikat ini akan dibantu oleh Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU) dengan sistem OSS (Online Single Submission). Masa berlaku SBU adalah tiga tahun semenjak tanggal ditetapkan sertifikat usaha tersebut. Sebelum mengajukan permohonan SBU Konstruksi, setiap BUJK harus memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dengan KBLI sesuai klasifikasi usaha jasa konsultan konstruksi, pekerjaan konstruksi, atau pekerjaan konstruksi terintegrasi.

Baca Juga: Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Konstruksi

Dasar Hukum SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan

Sertifikat Badan Usaha (SBU) dalam bidang jasa konstruksi memiliki dasar hukum yang kuat. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi menyatakan bahwa setiap badan usaha yang mengerjakan jasa konstruksi wajib memiliki Sertifikat Badan Usaha. Pasal 30 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja juga menegaskan kewajiban badan usaha yang mengerjakan jasa konstruksi memiliki Sertifikat Badan Usaha. Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri PUPR juga mengatur tata cara dan persyaratan penerbitan SBU untuk badan usaha jasa konstruksi.

Baca Juga: 18 istilah penting untuk Penyedia Jasa Konstruksi

Cakupan Pekerjaan dalam SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan

SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan mencakup berbagai pekerjaan terkait pembongkaran bangunan atau pekerjaan sipil lainnya dengan operator. Dalam cakupan pekerjaannya termasuk berbagai aspek seperti perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembongkaran bangunan, serta pengelolaan alat konstruksi yang digunakan dalam proses pembongkaran.

Baca Juga: Menteri Basuki: Industri Konstruksi Paling Lambat Digitalisasi

Kualifikasi SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan

SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan

Kualifikasi SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan ditentukan berdasarkan penilaian terhadap beberapa faktor. Terdapat kualifikasi kecil, menengah, besar, dan juga kualifikasi untuk Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing (BUJKA). Setiap kualifikasi memiliki persyaratan penjualan tahunan dan kemampuan keuangan yang berbeda-beda sesuai dengan skala perusahaan.

Baca Juga: Abipraya Tingkatkan Efektivitas dengan Sistem Digital

Masa Berlaku SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan

Masa berlaku SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan adalah tiga tahun sejak diterbitkan. SBU konstruksi yang diterbitkan berlaku selama tiga tahun dan dapat diperpanjang, serta dapat dilakukan perubahan. Perusahaan wajib memperpanjang SBU sebelum habis masa berlakunya untuk terus dapat berpartisipasi dalam proyek-proyek konstruksi.

Baca Juga: Kegiatan Proyek Langgar PSBB, Siap-siap Kena Denda hingga Disegel: Menghindari Konsekuensi Serius

Syarat Proses SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan

Sebelum melakukan pendaftaran SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. Persyaratan ini termasuk penjualan tahunan, kemampuan keuangan, peralatan, tenaga kerja, serta sistem manajemen. Semua syarat ini harus terpenuhi agar Anda dapat mengajukan permohonan SBU Konstruksi kepada LSBU melalui sistem OSS.

Baca Juga: Bagaimana Industri Konstruksi Bertahan di Tengah Badai Corona?

Sanksi Terkait SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan

Berdasarkan peraturan yang berlaku, ada sanksi yang dapat diberikan kepada badan usaha jasa konstruksi yang tidak mematuhi ketentuan terkait SBU. Sanksi ini meliputi peringatan tertulis dan denda yang besarnya berbeda tergantung pada jenis badan usaha dan pelanggaran yang dilakukan. Sanksi ini bertujuan untuk mendorong kepatuhan terhadap aturan SBU dan menjaga integritas dalam industri konstruksi.

Baca Juga: Begini Cara Kerja Karyawan BUMN Konstruksi di Era New Normal

Cara Cek Keaslian SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan

Ada beberapa cara untuk memeriksa keaslian SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan. Anda dapat menggunakan situs web resmi ceksbujk.com dengan memasukkan nama perusahaan atau ID izin portal PUPR. Selain itu, terdapat juga beberapa aplikasi Android yang dapat digunakan seperti SKK LPJK Scanner, SKK Scanner 2022, Scanner Jasa Konstruksi, dan Aplikasi Jakontrust. Semua cara ini memudahkan Anda untuk memverifikasi keabsahan SBU yang dimiliki oleh perusahaan.

Baca Juga: Kementerian PUPR Siapkan Aturan New Normal untuk Jasa Konstruksi

Kesimpulan

Dalam dunia jasa konstruksi, Sertifikat Badan Usaha (SBU) memiliki peranan penting sebagai bukti legalitas dan kualifikasi perusahaan. Dengan SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan, perusahaan dapat mengikuti proses lelang atau tender, membangun kerja sama dengan badan usaha lain, dan mendapatkan pengurangan pajak. Namun, perlu mematuhi persyaratan dan tata cara yang berlaku serta memastikan masa berlaku SBU selalu terjaga.

Baca Juga: Pengusaha Sulit Dapat Proyek Konstruksi di Tengah Pandemi, Solusinya?

Dapatkan SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan dengan mudah

Untuk mempermudah proses perolehan SBU Jasa Konstruksi Spesialis PL001 Pembongkaran Bangunan, Anda dapat menggunakan layanan Gaivo Consulting. Kami membantu Anda mendapatkan SBU dengan lebih mudah dan cepat secara legal. Hubungi kami di nomor +62813-9354-4270 atau kunjungi alamat kami di Ruko Grand Boulevard Blok U01A no 369 Bundaran 5 Citra Raya - Tangerang Banten 15710. Dapatkan SBU yang Anda butuhkan untuk menjalankan layanan jasa konstruksi dengan profesional dan sesuai peraturan yang berlaku.