Alat Berat, Jenis dan Kegunaan Alat Berat untuk Beragam Proyek
Cindy
1 day ago

Alat Berat, Jenis dan Kegunaan Alat Berat untuk Beragam Proyek

Alat Berat, Jenis dan Kegunaan Alat Berat untuk Beragam Proyek. Selama ini kita sering melihat Alat berat disekitar kita, dalam berbagai jenis proyek alat berat sangat membantu karena mempunyai torsi besar dan tenaga yang besar.

Alat berat dibagi kedalam beberapa jenis, karena memang disesain untuk mengerjakan berbagai kondisi khusus. Sebagai pengenalan tahap awal tentang alat berat, kita akan mengulas pembagian-pembagiannya, Jenis dan Kegunaan Alat Berat untuk Beragam proyek , pada artikel berikutnya akan kita ulas masing-masing secara detil.

Berdasarkan dari data penjualan alat berat Indonesia (Pins bulan Des 2016), terdapat tiga merk yang paling popular terjual di Indonesia sepanjang tahun 2016.

Peringkat ke-1 ditempati oleh anak perusahaan ASTRA bernama PT.United Tractor dengan merk dagang Komatsu yang berasal dari Jepang.

Peringkat ke-2 diraih oleh anak perusahaan dari Grup TMT(Tiara Marga Trakindo) bernama PT.Trakindo Utama dengan merek dagang CATERPILLAR yang berasal dari USA.

Peringkat ketiga ditempati oleh merek dagang asal Jepang bernama “HITACHI” yang dimiliki oleh PT.Hexindo Adi Perkasa.

Dalam industri pertambangan, perkebunan, infrakstruktur, manufaktur, ketiga merek alat berat ini paling sering dijumpai dengan menjadi pilihan utama bagi pelaku bisinis dan juga merek yang menjadi favorit barang modal yang sering dibiayai oleh CSULfinance.

Alat Berat, Jenis dan Kegunaan Alat Berat untuk Beragam Proyek
Baca Juga: Pentingnya Sertifikasi SKK Konstruksi Tingkat Tinggi untuk Membangun Reputasi Bisnis Anda
Alat Berat, Jenis dan Kegunaan Alat Berat untuk Beragam Proyek

Alat Berat: Pembagian Berdasarkan Penggerak Utama

 
Pembagian alat berat berdasarkan penggerak utamanya, dapat digolongkan menjadi dua yakni traktor roda kelabang (Crawler Tractor) dan traktor yang menggunakan roda ban (wheel tractor).

Traktor Roda Kelabang (Crawler Tractor)

Crawler Tractor dibutuhkan jika antara roda dan permukaan tanah dikehendaki gesekan yang besar, serta mendapatkan tenaga maksimum pada waktu kerja, sebab Crawler Tractor tidak bisa selip, tetapi kecepatannya sangat rendah; kecepatan maksimum Crawler Tractor hanya sekitar 4,5 km/ jam. Umumnya Crawler Tractor digunakan untuk menggusur tanah, contoh Crawler Tractor terdapat pada gambar berikut
 
Kegunaan Crawler Tractor terutama sebagai:
  • Tenaga penggerak untuk mendorong, misalnya: Buldoser,Loader.
  • Tenaga penggerak untuk penarik, misalnya: Scrapper, Sheep foot roller
  • Tenaga penggerak alat angkut, misalnya: truck.
  • Tempat duduknya alat-alat berat lain, misalnya: Crane

Traktor Roda Ban (Wheel Tractor)

Wheel Tractor menggunakan ban karet yang dipompa dan penggunaannya dimaksudkan untuk memperoleh kecepatan yang lebih besar dari Crawler Tractor, tetapi Wheel Tractor memiliki daya tarik yang lebih kecil dari Crawler Tractor.

Tipe Wheel Tractor ada dua yaitu, Wheel Tractor roda dua dan Wheel Tractor roda empat. Jika dibandingkan dengan yang menggunakan roda empat Wheel Tractor roda dua mempunyai kemungkinan selip yang lebih besar, tetapi sebaliknya Wheel Tractor ruda dua memiliki kemampuan menarik yang lebih besar, sebab seluruh beratnya  dilimpahkan pada dua roda saja.

Selain itu pemeliharaan Wheel Tractor dengan roda dua lebih murah karena jumlah rodanya lebih sedikit; tetapi karena rodanya lebih sedikit itulah maka Wheel Tractor mempunyai ketahanan gelinding yang lebih kecil.

Wheel Tractor roda empat lebih nyaman dikemudikan; pada kondisi kerja jalan yang sangat jelek lebih stabil sehingga kemungkinan berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi lebih besar. Traktor jenis ini jika dilepas dapat bekerja sendiri.
Alat Berat, Jenis dan Kegunaan Alat Berat untuk Beragam Proyek
Baca Juga: Langkah-langkah Menghadapi Kompleksitas Persyaratan Tender

Alat Berat: Pembagian Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsinya, traktor dapat dibedakan menjadi:
  • Peralatan pekerjaan tanah,
  • Peralatan pengangkut,
  • Peralatan fondasi,
  • Peralatan Stone Crusher
  • Peralatan Pengaspalan
Peralatan pekerjaan tanah dapat dibagi menjadi lima kategori yaitu:
  • alat penggusur tanah,
  • alat penggali tanah,
  • alat pengangkut tanah,
  • alat perata tanah, dan
  • alat pemadat tanah.